Selasa, 20 November 2012

Manfaat dan Fungsi Hutan Mangrove


Manfaat dan Fungsi Hutan Mangrove
Hutan mangrove merupakan sumberdaya alam daerah tropis yang mempunyai manfaat ganda dengan pengaruh luas ditinjau dari aspek sosial, ekonomi dan ekologi. Besarnya peranan hutan mangrove atau ekosistem hutan mangrove bagi kehidupan dapat diketahui dari banyaknya jenis hewan, baik yang hidup diperairan, diatas lahan maupun ditajuk-tajuk pohon mangrove serta manusia yang bergantung pada hutan mangrove (Naamin, 1991).
Para ahli berpendapat bahwa hutan mangrove merupakan ekosistem yang unik dengan fungsi bermacam-macam, yaitu : fungsi fisik, fungsi biologi dan fungsi ekonomi atau produksi (Naamin, 1991). Fungsi fisik dari hutan mangrove atau ekosistem mangrove, yaitu : menjaga garis pantai agar tetap stabil, melindungi pantai dan tebing sungai, mencegah terjadinya erosi pantai serta sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah.
Fungsi biologi dari hutan atau ekosistem mangrove, yaitu sebagai daerah pasca larva dan juwana jenis-jenis tertentu dari ikan , udang dan bangsa krustasea lainnya serta menjadi tempat bersarangnya burung-burung dan menjadi habitat alami berbagai jenis biota. White (1985) dalam Naamin (1991). menyatakan bahwa ekosistem mangrove memiliki produktivitas yang tinggi.
Fungsi ekonomi dari ekosistem mangrove yaitu sebagai penghasil kayu bakar, bahan baku industri, obat-obatan, perabotan rumah tangga, kosmetik, makanan, tekstil, lem, dan lainnya, penghasil bibit/benih ikan, udang, kerang, kepiting, madu dan lainnya, dan juga sebagai kawasan wisata, konservasi, pendidikan dan penelitian (Dahuri, 1996).
Menurut Dahuri (1996), manfaat hutan mangrove sendiri dapat diidentifikasi berdasarkan berbagai macam produk langsung yang dihasilkan beserta kegunaannya (Tabel 1).
Tabel1. Produk Langsung Dari Ekosistem Mangrove
Kegunaan
Produk
Bahan bakar
Kayu bakar untuk masak, kayu bakar untuk memanggang ikan, kayu bakar untuk memanaskan lembaran karet, kayu bakar untuk membakar batu bata, arang
Konstruksi
Kayu untuk tangga, kayu untuk konstruksi berat, tiang penyangga terowongan jembatan, tiang dan galah untuk bangunan
Bahan untuk lantai, papan bingkai, material, membuat kapal, pagar, serpihan kayu
Memancing
Alat pancing, pelampung pancing, racun ikan, bahan pemeliharaan jaring
Pertanian
Makanan ternak, pupuk hijau
Produksi kertas, makanan, minuman dan obat-obatan
Berbagai jenis kertas, gula, alcohol, cuka, minuman fermentasi, rempah-rempah, sayur, buah, pembungkus rokok, obat tradisional
Peralatan Rumah Tangga
Perabot, lem, minyak rambut, mainan, batang korek api, kemenyan
Produksi tekstil dan kulit
Serat sintetik, bahan pencelup pakaian, bahan penyamak kulit
Lain-lain
Kotak Pengepakan

1 komentar: