Senin, 11 Juli 2011

Distrubusi Kima


DISTRIBUSI KIMA
Klasifikasi Kima :
Kingdom : Animalia
Filum: Mollusca
Class: Bivalvia
Ordo : Veneroidae
Famili : Cardiacea
Genus : Tridacna, Hippopus
Species: Tridacna gigas, T derasa, T squamosa,
T maxima, T crocea, T tevoroa, T rosewater
Hippopus hippopus, H porcellanus

Deskripsi singkat :
Kima (kerang raksasa) merupakan kerang berukuran besar  dapat mencapai ukuran 1,6 m (Tridacna gigas). Mereka menyesuaikan diri dengan permukaan  tempat melekat/membenam diri pada dasar perairan. Habitatnya terumbu karang, pasir dan pecahan karang. Terdapat di perairan dangkal yang masih dapat ditembus cahaya matahari. substrat dasar terutama jenis batu karang, pasir dan bongkahan karang. Kima melekatkan diri dengan menggunakan benang byssus yang kuat. Menurut cara hidupnya: Membenamkan diri sebagian/seluruh hidup bebas, menempel/ tergeletak di atas batu karang. Suhu yang paling baik memelihara kima  antara 25-35. Salinitas  berkisar antara 25 – 40.
     

1.     Tridacna gigas

                  


Peta distribusi :

Tridacna gigas terdistribusi pada seluruh wilayah Indonesia hingga kepulauan Fiji di Pasifik, sebagian Australia sebelah utara, hingga daerah Hongkong, Filipina, hingga Papua Nugini.











2.     Tridacna derasa

                      


Peta distibusi :


Tridacna derasa terdistribusi pada seluruh wilayah Indonesia kecuali wilayah pantai barat Sumatera. Terdapat juga pada daerah Pasifik bagian selatan, hingga pantai timur Australia terutama pada Great Barrier Reef (GBR), dan menuju ke utara sampai ke wilayah Filipina.






3.     Tridacna squamosa

                   


Peta distibusi :


Tridacna squamosa terdistribusi sangat luas, mulai dari pantai timur Benua Afrika, Arab Saudi, India bagian Selatan, Kepulauan Jepang bagian Selatan, seluruh wilayah Asia Tenggara, hingga Australia bagian utara.








4.     Tridacna maxima

                  tmaximar.jpg (25469 bytes)



Peta distibusi :


Tridacna maxima terdistribusi sangat luas mulai hingga kepulauan Madagaskar pada pantai barat benua Afrika, Arab Saudi, seluruh pantai India, seluruh daerah Asia Tenggara, kepualuan Jepang bagian selatan, hingga pantai timur Benua Australia.






5.     Hippopus hippopus

                 


Peta distibusi :


Hippopus hippopus hanya terdistribusi pada wilayah Asia Tenggara saja, menuju ke Papua Nugini, kepulauan Pasifik, dan Pantai Utara Australia.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar